PROGRAM STUDI
SENI KULINER

Penyelenggaraan program studi ini ditetapkan berdasarkan pada SK Dirjen DIKTI No: 687/KPT/I/2018 tertanggal 21 Agustus 2018 dengan nama Seni Kuliner Program Diploma 3.

Visi

Menjadi Program Studi Seni Kuliner yang memadukan keterampilan, pengetahuan dan budi pekerti untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang kuliner serta memiliki sikap profesional dan mandiri, memiliki wawasan global untuk membawa masakan Indonesia ke dunia internasional pada tahun 2029.

Misi

 

  1. Menyelenggarakan Pendidikan bidang kuliner yang berkualitas, terkini sesuai perkembangan kuliner global untuk menjadikan mahasiswa memiliki integritas, disiplin, bertanggungjawab, menghormati keberagaman, berwawasan global dan berbudi pekerti.
  2. Mengembangkan penelitian kuliner tepat guna yang berkontribusi positif bagi industri kuliner dan masyarakat Indonesia.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat untuk membentuk lulusan yang memiliki kepedulian sosial, khususnya di bidang kuliner.
  4. Aktif berkarya dalam mengaplikasikan dan mengembangkan kuliner Indonesia secara professional bagi masyarakat dan bangsa.
  5. Mengembangkan dan melakukan kerja sama dengan pemangku kepentingan di bidang kuliner, baik tingkat nasional dan internasional.

FACULTY MEMBER

Rahmat Kusnedi., S. ST. Par., M. Par

Ketua Program Studi Seni Kuliner

Kezia Elsty., S.S.T., M.Par

Sekretaris Prodi

PROGRAM STUDI Seni Kuliner

 
Fokus Studi | Tujuan | Profil Lulusan |  Capaian Pembelajaran | Deskripsi Prodi

Industri kuliner merupakan salah satu industri yang menjanjikan, selain sebagai komoditas ekonomi, industri kuliner juga merupakan sebuah warisan budaya dan peradaban sebuah bangsa. Pada Program Studi Diploma III Seni Kuliner, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran yang terintegrasi dan holistik untuk mendapatkan keterampilan yang ahli di bidang kuliner, baik dalam metode memasak ala western maupun asian dan keterampilan mengolah bahan masakan (cuisine), pastry, bakery dan cara penyajiannya.

Tidak ada focus studi dalam Prodi Seni Kuliner, akan tetapi kurikulum yang dibuat adalah sudah menjadi satu paket. Hanya penekanan fokus keahlian dalam penguasaan pengolahan masakan di Prodi D3 Seni Kuliner ini  adalah pada pengolahan masakan Indonesia yang memiliki Bobot 50 % dari total pengetahuan pengolahan masakan, ditambah pengolahan masakan kontinental 30% dan masakan oriental 20%.

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas tinggi, berwawasan global serta kompeten dibidangnya sehingga secara professional mampu mengangkat masakan Indonesia di kancah internasional agar mampu bersaing secara global.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan sebuah kajian masakan Indonesia secara berkesinambungan dan terukur.
  3. Menciptakan pengembangan dan terobosan bisnis masakan Indonesia dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang seni kuliner agar dampaknya dirasakan oleh masyarakat secara luas.
  4. Terciptanya kepariwisataan secara komprehensip dan mampu menopang perkembangan industri pariwisata di Indonesia khususnya kuliner Nusantara yang dengan melibatkan masyarakat dan tetap memperhatikan lingkungan sekitar.
  5. Memperkuat kebersamaan dalam keragaman guna melestarikan dan mengembangkan masakan Indonesia dengan mengikat kerjasama yang baik dengan pelaku industri makanan nasional dan menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan di dalam maupun luar negeri.
  1. Mampu melaksanakan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja sesuai standar HACCP.
  2. Mampu mengidentifikasi bahan dan peralatan sesuai dengan standar yang diperlukan.
  3. Mampu merancang standar resep pada setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  4. Mampu merencanakan menu pada setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  5. Mampu membuat setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  6. Mampu mempresentasikan hasil olahan pada setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  7. Mampu mengevaluasi hasil olahan pada setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  8. Mampu melakuakan penyimpanan hasil olahan pada setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  9. Mampu menjaga kualitas hasil olahan pada setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  10. Mampu melakukan pengembangan resep pada setiap jenis masakan, (Indonesia, oriental dan kontinental )
  1. Mampu menjelaskan dan menerapkan personal hygiene dilingkungan kerja
  2. Mampu menjelaskan bagian pada setiap dapur beserta fungsinya
  3. Mampu menjelaskan struktur organisasi pada setiap bagian dapur beserta tugasnya
  4. Mampu memahami dan menjelaskan sistem alur produksi makanan
  5. Mampu menjelaskan dan memaparkan phylosophy dan history pada setiap masakan
  6. Mampu memahami tekhik memotong ( Cutting method ) pada setiap jenis masakan
  7. Mampu memahami tekhik mengolah ( Cooking method ) pada setiap jenis masakan
  8. Mampu menjelaskan dan memaparkan therminology pada setiap masakan
  9. Mampu memahami dan menjelaskan teknik penyimpanan pada setiap masakan
  10. Mampu memahami dan menjelaskan sistem pencatatan dan pelaporan bahan dan peralatan

Profil Lulusan D3 Seni Kuliner

Chef De Cuisine

Memiliki keterampilan dalam pengorganisasian pelaksanaan kegiatan memasak dan manajemen perencanaan operasional dapur yang dapat menunjang karir profesional sebagai tenaga ahli dalam mengepalai sebuah dapur produksi makanan utama Menguasai kompetensi dasar dan kompetensi inti untuk level 4 KKNI, telah memiliki keterampilan dalam mempersiapkan hidangan pembuka panas dan dingin, serta hidangan

Entertainer Chef

Memiliki kemampuan dalam membuat konten masakan dalam audio visual dan sebagai pengarah dalam penataan dan penampilan sebuah masakan / Food Stylist

Pastry Chef

Memiliki keterampilan dalam pengorganisasian pelaksanaan kegiatan memasak dan menejemen perencanaan operasional dapur yang dapat menunjang karir profesional sebagai tenaga ahli dalam mengepalai sebuah dapur produksi makanan makanan penutup / Pastry & Bakery

R&D Chef

Memiliki keterampilan dalam pengembangan menu masakan dan pengelolaan terhadap inovasi dan kreativitas kemampuan individu

Struktur Kurikulum

Mitra Prodi

Kerja sama yang terjalin antara prodi Seni Kuliner dengan mitra.

PRADITA UNIVERSITY CAMPUS

Scienta Business Park Tower I Jl. Boulevard Gading Serpong Blok 0/1, Summarecon Serpong

Follow Us
error: Konten Dikunci